Sabtu, 26 Januari 2013

PENGENALAN LINGKUNGAN DAN ANALISIS INDUSTRI

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sebuah perubahan pada lingkungan dapat membantu serta merugikan perusahaan. Banyak perusahaan perintis telah  keluar dari bisnis mereka karena kegagalan mereka untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan atau, bahkan lebih buruk, karena kegagalan mereka untuk menciptakan perubahan. Pelajaran sederhana bahwa untuk menjadi sukses dari waktu ke waktu, sebuah organisasi harus selaras dengan lingkungan luar. Harus ada kecocokan strategis antara apa yang diinginkan lingkungan dan apa yang ditawarkan olehperusahaan, serta apakah kebutuhan lingkungan dapat disediakan.
Prediksi saat ini adalah bahwa lingkungan untuk semua organisasi akan menjadi lebih pasti dengan setiap tahun yang telah lewat. Apa ketidakpastian lingkungan? Yaitu persaingan ditambah tingkat perubahan yang ada dalam lingkungan eksternal organisasi. Pasar lebih mengglobal, dan jumlah faktor perusahaan harus lebih dipertimbangkan dalam setiap keputusan besar dan menjadi jauh lebih kompleks. Dengan teknologi baru yang ditemukan setiap tahun, perubahan pasar dan produk harus berubah.
Di satu sisi, ketidakpastian lingkungan merupakan ancaman bagi manajer strategis karena menghambat kemampuan mereka untuk mengembangkan rencana jangka panjang dan untuk membuat keputusan strategis untuk menjaga perusahaan dalam keseimbangan dengan lingkungan eksternal. Di sisi lain, ketidakpastian lingkungan merupakan kesempatan karena hal tersebut menciptakan sebuah lapangan yang baru di mana kreativitas dan inovasi menjadi bagian penting dalam kebijakan membuat keputusan strategis.







BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGENALAN LINGKUNGAN
Sebelum sebuah organisasi mulai membuat perumusan strategi, telebih dahulu harus mengenal lingkungan external dan lingkungan internal untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman yang mungkin terjadi untuk kekuatan dan kelemahan. Pemindaian lingkungan adalah pemantauan, evaluasi, dan penyebaran informasi dari lingkungan eksternal dan internal kepada orang-orang kunci/penting dalam perusahaan.
2.1.1 Identifikasi Variabel Lingkungan Eksternal
Dalam melakukan Pengenalan lingkungan, manajer strategis harus terlebih dahulu menyadari banyak variabel dalam lingkungan perusahaan alami, sosial, dan tugas dalam lingkungan alam meliputi sumber daya fisik, satwa liar, dan iklim yang merupakan bagian tak terpisahkan dari keberadaan di Bumi. Faktor-faktor ini membentuk suatu sistem ekologi kehidupan saling terkait. Lingkungan sosial adalah sistem sosial manusia yang mencakup kekuatan umum yang tidak secara langsung menyentuh pada jangka pendek kegiatan organisasi yang dapat, dan sering, mempengaruhi jangka panjang keputusan.
Faktor-faktor ini mempengaruhi berbagai industri yang antara lain adalah sebagai berikut:
ü  Kekuatan ekonomi yang mengatur pertukaran materi, uang, energi, dan informasi.
ü  Kekuatan Tehnologi yang menghasilkan pemecahan masalah penemuan.
ü  Kekuatan Politik-Hukum yang mengalokasikan kekuasaan dan yang dapat menghambat dan melindungi dari hukum dan peraturan.
ü  Kekuatan sosial budaya yang mengatur nilai-nilai, adat-istiadat, dan kebiasaan masyarakat.
Lingkungan tugas meliputi elemen-elemen atau kelompok yang secara langsung mempengaruhi sebuah perusahaan yang pada gilirannya, dipengaruhi oleh hal tersebut. Dalam hal ini adalah pemerintah, masyarakat lokal, pemasok, pesaing, pelanggan, kreditur, karyawan/serikat buruh, kelompok minat khusus, dan asosiasi perdagangan. Sebuah lingkungan tugas perusahaan biasanya ada pada industri di mana perusahaan beroperasi.
Analisis industri (dipopulerkan oleh Michael Porter) mengacu pada pemeriksaan mendalam faktor kunci dalam lingkungan tugas perusahaan. Lingkungan alam, sosial, dan tugas harus dimonitor untuk mendeteksi faktor-faktor strategis yang mungkin memiliki dampak yang kuat di masa depan untuk keberhasilan atau kegagalan pada perusahaan. Perubahan lingkungan alam biasanya mempengaruhi sebuah perusahaan bisnis pertama melalui dampaknya terhadap lingkungan sosial dalam hal ketersediaan sumber daya dan biaya dan kemudian pada lingkungan tugas dalam hal pertumbuhan atau penurunan industri tertentu.
2.1.2. Pemindaian Lingkungan Alam
Lingkungan alam meliputi sumber daya fisik, satwa liar dan iklim yang merupakan bagian tak terpisahkan dari keberadaan di Bumi. Sampai abad ke-20, lingkungan alam secara umum dirasakan oleh orang-orang bisnis untuk menjadi sesuatu yang diberikan untuk mengeksploitasi, bukan menghemat. Hal ini dipandang sebagai sumber daya bebas, sesuatu yang harus diambil atau diperebutkan, seperti lahan pertanian, tambang berlian, pelabuhan air dalam, atau air tawar.  Begitu mereka dikendalikan oleh orang tertentu, sumber daya ini dianggap aset dan dengan demikian dihargai sebagai bagian dari sistem ekonomi secara umum sumber daya yang akan dibeli dijual, atau kadang-kadang dibagi. Efek samping, seperti polusi, dianggap eksternalitas, biaya tidak termasuk dalam sistem akuntansi perusahaan bisnis, tetapi dirasakan oleh orang lain. Akhirnya eksternalitas tersebut diidentifikasi oleh pemerintah, yang lulus peraturan untuk memaksa perusahaan untuk berurusan dengan sisi, efek dari kegiatan bisnis mereka.
Konsep keberlanjutan berpendapat bahwa kemampuan perusahaan untuk terus memperbaharui diri untuk kesuksesan jangka panjang dan kelangsungan hidup tidak hanya tergantung pada sistem ekonomi dan sosial yang lebih besar yang menjadi bagiannya, tetapi juga pada ekosistem alami di mana perusahaan berdiri.1
Penelitian mengungkapkan bahwa pemindaian pasar untuk masalah lingkungan adalah positif terkait dengan kinerja perusahaan karena membantu manajemen mengidentifikasi peluang dalam memenuhi permintaan pasar di masa depan berdasarkan pada produk ramah lingkungan atau prosesnya. 2

2.1.3. Pemindaian Lingkungan Masyarakat : Analisis yang Terlalu Tinggi.
Jumlah faktor strategis yang mungkin ada dalam lingkungan sosial sangat tinggi. Jumlah tersebut menjadi besar ketika kita menyadari bahwa, secara umum, setiap negara di dunia dapat diwakili oleh hal yang unik dari kekuatan sosial - beberapa di antaranya hampir sama dengan negara-negara tetangga dan beberapa di antaranya sangat berbeda.
Perusahaan besar mengkategorikan lingkungan masyarakat di salah satu wilayah geografis ke dalam empat wilayah dan fokus pemindaian mereka di daerah masing-masing pada trend yang memiliki relevansi perusahaan dunia.  Tren yang dimaksud adalah dari pemindaian lingkungan alam, hal ini bisa disebut Analisis tinggi, pemindaian sosial budaya, teknologi, ekonomi, ekologi, dan kekuatan lingkungan Politik - Hukum.3 Sudah jelas bahwa mungkin tren dalam satu bidang sangat penting untuk perusahaan-perusahaan dalam satu industry tertentu, tetapi kurang penting untuk perusahaan di industri lain.
Trend di bagian ekonomi dari lingkungan sosial dapat memiliki dampak yang jelas tentang activitas bisnis. Sebagai contoh, kenaikan suku bunga berarti penjualan lebih sedikit dari penjualan utama rumah. Kenapa? Sebuah suku bunga cenderung meningkat tercermin dalam harga hipotek yang lebih tinggi. Karena suku bunga KPR yang lebih tinggi meningkatkan biaya untuk membeli rumah, permintaan untuk rumah baru dan bekas cenderung turun. Perubahan harga minyak juga memiliki dampak yang sama pada beberapa industri, dari kemasan dan mobil untuk keramahan dan pengiriman.
Perkembangan ekonomi yang pesat dari Brasil, Rusia, India, dan China (sering disebut negara-negara BRIC) adalah memiliki dampak yang besar pada seluruh dunia. Pada tahun 2007, Cina telah menjadi ekonomi terbesar kedua di dunia menurut Bank Dunia. Dengan India lulus ilmuwan lebih berbahasa Inggris, insinyur, dan teknisi dari semua negara lainnya digabungkan, telah menjadi lokasi utama untuk layanan outsourcing, perangkat lunak komputer, dan telecomunikasi.4 Eropa Timur telah menjadi pabrik pemasok besar ke Negara Uni Eropa. Menurut Dana Moneter Internasional, pasar negara berkembang membuat kurang dari sepertiga dari total dunia produk domestik bruto (PDB), namun perkiraan selama lebih dari pertumbuhan setengah PDB.5
Perubahan di bagian teknologi lingkungan sosial juga dapat memiliki dampak yang besar pada beberapa industri. Para peneliti di George Washington University telah mengidentifikasi sejumlah terobosan teknologi yang sudah memiliki dampak yang signifikan terhadap banyak industry yaitu:
1)      Perangkat informasi yang mudah di bawa dan jaringan elektronik : Menggabungkan kekuatan industri komputerisasi dari komputer pribadi, jaringan internet, gambar dari televisi, dan kenyamanan telepon, peralatan ini akan segera digunakan oleh mayoritas penduduk negara untuk membuat panggilan telepon, mengirim e-mail, dan mengirimkan dokumen dan data lainnya. Bahkan sekarang, rumah, mobil, dan kantor sedang terhubung (melalui kabel dan nirkabel) ke jaringan cerdas yang berinteraksi satu sama lain. Tren ini sedang didukung oleh pengembangan komputerisasi awam, di mana seseorang dapat memanfaatkan kekuatan komputerisasi lain melalui koneksi Web.6
2)      Sumber energi alternatif : Penggunaan angin, panas bumi, tenaga air, surya, biomassa, dan sumber-sumber energi alternatif harus terus meningkat cukup signifikan. Selama dua dekade, Biaya produksi dan menginstal sistem tenaga surya photopoltaic mengalami penurunan sebesar 20% dengan setiap dua kali lipat dari kapasitas terpasang. Biaya pembangkit listrik dari sumber konvensional, sebaliknya, telah meningkat seiring dengan harga minyak bumi dan alam gas.7
3)      Presisi pertanian: Manajemen terkomputerisasi tanaman yang sesuai dengan variasi karakteristik lahan akan membuat pertanian lebih efisien dan berkelanjutan. Dealer peralatan pertanian seperti Kasus dan John Deere menambah peralatan ini ke traktor untuk tambahan $6.000 atau lebih. Hal ini memungkinkan petani untuk mengurangi biaya, meningkatkan hasil panen, dan mengurangi dampak lingkungan. Sistem lama petani kecil berteknologi rendah menjadi kurang layak sebagai pertanian perusahaan besar yang meningkatkan hasil panen pada lahan pertanian yang terbatas untuk pertumbuhan populasi.
4)      Virtual asisten pribadi: program komputer yang sangat cerdas yang memonitor e-mail, faks, dan panggilan telepon akan mampu mengambil alih tugas-tugas rutin, seperti menulis surat, mengambil file, membuat panggilan telepon, atau permintaan peenyaringan. Bertindak seperti sekretaris, asisten virtual seseorang bisa menggantikan seseorang di pertemuan atau dalam tindakan rutin dengan urusan.
5)      Genetik diubah organisme : Sebuah konvergensi bioteknologi dan pertanian adalah menciptakan bidang baru ilmu kehidupan. Bibit tanaman dapat dimodifikasi secara genetik untuk memproduksi lebih banyak vitamin yang dibutuhkan atau menjadi kurang menarik bagi hama dan lebih mampu bertahan hidup. Hewan (termasuk orang) bisa dimodifikasi untuk karakteristik yang diinginkan dan untuk menghilangkan cacat genetik dan penyakit.
6)      Smart, mobile robot: Robot pembangunan telah dibatasi oleh kurangnya perangkat sensorik dan canggih dalam sistem kecerdasan buatan. Perbaikan di daerah ini berarti bahwa robot akan dibuat untuk melakukan pekerjaan pabrik yang lebih canggih, menjalankan tugas, melakukan pekerjaan rumah tangga, dan membantu orang yang cacat.8
Tren di bagian politik-hukum lingkungan sosial memiliki dampak yang signifikan tidak hanya pada tingkat persaingan dalam suatu industri, tetapi juga strategi yang mungkin sukses.9 Misalnya, periode penegakan hukum secara tegas hukum AS secara langsung mempengaruhi pertumbuhan strategi perusahaan. Sebagai perusahaan besar merasa lebih sulit untuk mendapatkan perusahaan lain yang sama atau industri terkait, mereka biasanya didorong untuk diversifikasi ke industry yang terkait.14 Tingginya kadar perpajakan dan hukum ketenagakerjaan di negara-negara Eropa Barat membatasi perusahaan untuk mengubah strategi kompetitif mereka atau mencari lokasi yang lebih baik di tempat lain. Hal ini karena Jerman memiliki beberapa biaya tenaga kerja dan pajak tertinggi di Eropa bahwa perusahaan Jerman telah dipaksa untuk bersaing di dalam pasar dengan produk berkualitas tinggi atau memindahkan produksi mereka ke biaya rendah.11 birokrasi pemerintah dapat membuat beberapa peraturan dan membuatnya hampir tidak mungkin bagi sebuah perusahaan bisnis untuk beroperasi secara menguntungkan di beberapa negara. Sebagai contoh, jumlah hari yang dibutuhkan untuk memperoleh persetujuan pemerintah yang diperlukan untuk memulai bisnis baru bervariasi dari hanya satu hari di Singapura, 14 untuk di Meksiko, 59 di Arab Saudi, 87 di Indonesia dan yang terlama 481 di Congo.12
Tren demografi adalah bagian dari aspek sosial budaya dari lingkungan sosial. Meskipun populasi dunia yang tumbuh dari 3,71 miliar orang di 1970-6.82 milyar pada 2010-8.72 milyar pada 2040, tidak semua daerah akan tumbuh secara merata. Sebagian besar dari pertumbuhan ini akan berada di negara berkembang. Populasi negara-negara maju akan jatuh dari 14% dari total penduduk dunia pada tahun 2000 menjadi hanya 10% pada tahun 2050.13 Sekitar 75% dari dunia akan tinggal di kota pada tahun 2050 dibandingkan dengan sedikit lebih dari setengah di 2008.14 Mengembangkan negara akan terus memiliki lebih banyak anak  muda daripada orang tua, tetapi akan menjadi sebaliknya di negara-negara industri.
Delapan tren sosial budaya saat ini mengubah Amerika Utara dan seluruh dunia:
1.       Meningkatkan kesadaran lingkungan: Daur Ulang dan konservasi menjadi lebih dari slogan.
2.       Menumbuhkan kesadaran kesehatan: Kekhawatiran tentang kesehatan pribadi kecenderungan kebugaran fisik dan hidup sehat.
3.       Memperluas pasar senior: Seperti meningkatkan jumlah masyarakat mereka, orang di atas usia 55 akan menjadi pasar yang lebih penting. Sudah beberapa perusahaan yang segmentasi ke penduduk senior ke yang muda, tua, dan Lansia - masing-masing memiliki sikap yang berbeda dan kepentingan. Kedua segmen dewasa, misalnya, adalah pasar yang baik untuk perawatan kesehatan dan industri pariwisata, padahal orang tua adalah pasar kunci untuk jangka panjang fasilitas perawatan. Keinginan untuk persahabatan dengan orang-orang yang anak-anak besar yang menyebabkan industri perawatan hewan peliharaan tumbuh 4,5% per tahun di Amerika Serikat. Pada tahun 2007, misalnya, 71,1 juta rumah tangga di AS menghabiskan $ 41Milyar pada hewan peliharaan mereka-lebih dari produk domestik bruto dari semua 16 negara di dunia.15
4.       Dampak Generasi Y Boomlet: Lahir antara tahun 1978 dan 1994 ke iklan bayi dan generasi X, kelompok ini hampir sama besar sebagai generasi baby boom. Pada tahun 1957, tahun puncak boom pascaperang, 4,3 juta bayi lahir. Pada tahun 1990, ada 4,2 juta kelahiran di tahun puncak Generasi Y. Pada tahun 2000, mereka berdesak-desakan sekolah dasar dan menengah dan perguruan tinggi yang masuk dalam jumlah tidak terlihat sejak iklan . Sekarang di usia remaja dan 20-an, kelompok ini diharapkan memiliki dampak yang kuat pada produk masa depan dan jasa.
5.       Penurunan pasar massal: Pasar Niche yang mendefinisikan lingkungan pemasaran '. Orang ingin produk dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan lebih pribadi mereka. Misalnya, Estee Lauder "All Skin" dan Maybelline.29
6.       Mengubah kecepatan dan lokasi kehidupan: Komunikasi Instan melalui e-mail, ponsel, dan surat semalam meningkatkan efisiensi, tetapi juga menempatkan lebih banyak tekanan pada orang. Penggabungan komputer pribadi dengan industri komunikasi dan hiburan melalui saluran telepon, piring satelit, dan televisi kabel meningkatkan pilihan konsumen dan memungkinkan pekerja untuk meninggalkan daerah perkotaan padat untuk kota-kota kecil dan berkomunikasi melalui komputer pribadi dan modem.
7.       Mengubah komposisi rumah tangga: Single-orang rumah tangga, terutama dari wanita lajang dengan anak-anak, bisa segera menjadi tipe rumah tangga yang paling umum di Amerika Serikat. Manied-pasangan rumah tangga tergelincir dari hampir 80% pada tahun 1950 hingga 50,77% dari seluruh rumah tangga di 2.002,17 Pada tahun 2007, untuk pertama kalinya dalam sejarah AS lebih dari separuh perempuan tunggal.18 Tiga puluh delapan persen dari anak-anak AS saat ini sedang lahir di luar nikah.19 Sebuah rumah khas keluarga tidak lagi sama seperti yang pernah digambarkan dalam The Brady Bunch pada 1970-an atau Cosby Show pada 1980-an.
8.       Peningkatan keragaman tenaga kerja dan pasar: Antara sekarang dan 2050, minoritas akan mencapai hampir 90% dari pertumbuhan penduduk di Amerika Serikat. Seiring waktu, kelompok persentase dari populasi Amerika Serikat jumlah tersebut diperkirakan akan berubah sebagai berikut: Whites NonHispanic dari 90% pada tahun 1950 menjadi 74% pada tahun 1995 menjadi 53% pada tahun 2050; Whites Hispanik dari 9% pada tahun 1995 menjadi 22% pada tahun 2050; Blacks dari 13% pada tahun 1995 menjadi 15% pada tahun 2050, Asia-dari 4% n 1995-9% pada tahun 2050, Amerika lndians - 1%, dengan sedikit increase.20
Imigrasi besar-besaran dari berkembang ke negara maju adalah meningkatkan jumlah minoritas di semua negara maju dan memaksa penerimaan nilai keragaman ras, agama, dan gaya hidup. Misalnya, 24% dari populasi Swiss lahir di tempat lain.21 kelompok minoritas tradisional meningkatkan jumlah mereka dalam angkatan kerja dan sedang di identifikasi sebagai target pasar yang diinginkan.
Masyarakat internasional. Setiap negara atau kelompok negara dimana perusahaan beroperasi mempunyai pertimbangan dalam proses menyajikan lingkungan sosial yang unik dengan set yang berbeda dari ekonomi, variabel politik-hukum, dan sosial budaya teknologi bagi perusahaan untuk wajah, lingkungan sosial lnternasional begitu luas bahwa perusahaan internal lingkungan dan manajemen strategis harus sangat fleksibel. Tren budaya di Jerman, misalnya, telah mengakibatkan masuknya perwakilan pekerja dalam perencanaan strategis perusahaan. Karena hukum Islam (syariah) melarang bunga (riba), pinjaman modal di negara-negara Islam harus diatur atas dasar bagi hasil bukan tingakt bunga.22
Perbedaan dalam lingkungan sosial sangat mempengaruhi cara di mana sebuah perusahaan multinasional (MNC), sebuah perusahaan dengan aset yang signifikan dan kegiatan di beberapa negara, melakukan pemasaran, keuangan, manufaktur, dan kegiatan fungsional lainnya.
Sebelum merencanakan strategi untuk lokasi internasional tertentu, perusahaan harus mengenal lingkungan negara tertentu yang bersangkutan dengan peluang dan ancaman, dan harus membandingkan mereka dengan kekuatan sendiri dan kelemahan organisasi. Fokus hanya pada negara-negara maju dapat menyebabkan perusahaan untuk melewatkan peluang pasar yang penting di negara-negara berkembang di dunia. Meskipun negara-negara tidak mungkin dikembangkan ke titik bahwa mereka memiliki permintaan yang signifikan untuk spektrum yang luas dari produk, mereka mungkin sangat mungkin berada di ambang pertumbuhan yang cepat dalam permintaan untuk produk tertentu seperti ponsel. Ini akan menjadi waktu yang ideal bagi perusahaan untuk memasuki pasar sebelum kompetisi didirikan. Kuncinya adalah untuk dapat mengidentifikasi titik pemicu ketika permintaan untuk produk atau jasa tertentu siap untuk booming.
Membuat Sistem Pengenalan. Bagaimana orang bisa memantau dan melacak semua tren dan faktor-faktor dalam lingkungan masyarakat di seluruh dunia? Dengan adanya Intemet tersebut, untuk mengenal seluruh dunia.
WebFountain adalah penemuan sistem informasi canggih yang dirancang untuk membantu tren ekstrak, mendeteksi pola, dan menemukan hubungan dalam jumlah besar data mentah. Misalnya, IBM berusaha untuk mengetahui apakah ada kecenderungan positif diskusi lebih lanjut tentang bisnis. Dalam seminggu perusahaan memiliki data yang ahli dalam perusahaan digunakan untuk menggantikan firasat mereka dengan kesimpulan yang valid. Perusahaan menggunakan webFountain untuk :
- Cari publisitas negatif atau ketidakpuasan investor
- Melacak kecenderungan umum
- Mempelajari informasi kompetitif
- Mengidentifikasi ancaman kompetitif muncul
- Mengungkap sikap konsumen23
2.2. MENGIDENTIFIKASI FAKTOR EKSTERNAL
Asal usul keunggulan kompetitif terletak pada kemampuan untuk mengidentifikasi dan merespon perubahan lingkungan baik sebelum kompetisi.24 Meskipun hal ini tampak jelas, mengapa beberapa perusahaan lebih mampu beradaptasi daripada yang lain? Salah satu alasannya adalah karena perbedaan kemampuan manajer untuk mengenali dan memahami isu-isu strategis eksternal dan faktor. Sebagai contoh, dalam sebuah survei global yang dilakukan oleh Akademi Fuld-Gilad-Herring Intelijen Kompetitif, dua-pertiga dari 140 strategi perusahaan mengakui bahwa perusahaan mereka telah terkejut oleh sebanyak tiga tinggi dampak peristiwa dalam lima tahun terakhir. Selain itu, baru-baru ini tahun 2003, 97% menyatakan bahwa perusahaan mereka tidak memiliki sistem peringatan dini di place.25
Tidak ada perusahaan berhasil dapat memonitor semua faktor eksternal. Pilihan harus dibuat mengenai faktor-faktor yang penting dan mana yang tidak. Meskipun manajer setuju bahwa kepentingan strategis menentukan apa variabel yang konsisten dilacak, mereka kadang-kadang kehilangan atau memilih untuk mengabaikan penting perkembangan baru.26 nilai pribadi dan pengalaman fungsional manajer perusahaan serta Pengembangan strategi keberhasilan atau saat ini mungkin bias baik persepsi mereka apa yang penting untuk memantau dalam lingkungan eksternal dan interpretasi mereka tentang apa yang mereka perceive.27
Salah satu cara untuk mengidentifikasi dan menganalisis perkembangan lingkungan eksternal adalah sebagai berikut:
1)      Mengidentifikasi sejumlah tren kemungkinan yang muncul di lingkungan alam, sosial, dan tugas. Ini adalah isu-orang lingkungan strategis hends penting yang, jika terjadi, deterrnine apa industri atau dunia akan terlihat seperti dalam waktu dekat.
2)       Menilai kemungkinan tren ini sebenarnya terjadi, dari rendah ke menengah hingga tinggi.
3)      Mencoba untuk memastikan kemungkinan dampak (dari rendah ke tinggi) dari masing-masing tren pada perusahaan r sedang diperiksa.
Faktor eksternal Sebuah perusahaan strategis adalah tren lingkungan utama yang dinilai memiliki kedua media untuk probabilitas tinggi terjadinya dan menengah untuk probabilitas tinggi berdampak pada perusahaan. Matriks Prioritas masalah kemudian dapat digunakan untuk membantu manajer menentukan tren lingkungan harus hanya dipindai (prioritas rendah) dan yang harus dipantau sebagai faktor strategis (prioritas tinggi). Mereka kecenderungan lingkungan dinilai menjadi faktor strategis perusahaan kemudian dikategorikan sebagai peluang dan ancaman dan termasuk dalam perumusan strategi.
2.3. ANALISIS INDUSTRI: TUGAS MENGANALISIS LINGKUNGAN
Sebuah industri adalah sekelompok perusahaan yang menghasilkan produk atau layanan serupa, seperti minuman ringan atau jasa keuangan. Pemeriksaan kelompok stakeholder yang penting, seperti pemasok dan pelanggan, dalam lingkungan tugas perusahaan tertentu merupakan bagian dari analisis industri.
Menurut Porter, persaingan intens berhubungan dengan adanya beberapa faktor, termasuk:
ü  Jumlah pesaing: ketika pesaing sedikit dan kira-kira sama dalam ukuran, seperti di mobil dan industri alat rumah besar, mereka saling mengawasi dengan hati-hati untuk memastikan bahwa mereka cocok dengan langkah apapun oleh perusahaan lain dengan balasan yang sama.
ü  Tingkat pertumbuhan industry.
ü   Produk atau jasa karakteristik: Sebuah produk dapat menjadi sangat unik, dengan banyak kualitas membedakan.
2.3.1 Ancaman Produk Pengganti atau Jasa
Sebuah produk pengganti adalah produk yang tampaknya berbeda tetapi dapat memenuhi kebutuhan yang sama seperti produk lain. Menurut porter, '"pengganti membatasi pengembalian potensi industri dengan menempatkan langit-langit di perusahaan harga dalam industri untuk dapat mengisi menguntungkan."50 Sejauh biaya switching rendah, pengganti mungkin memiliki efek yang kuat pada suatu industri. Teh dapat dianggap sebagai pengganti coffee. Jika harga kopi naik cukup tinggi, peminum kopi dapat mengganti dengan teh. Kadang-kadang tugas yang sulit, identifikasi produk pengganti mungkin atau jasa berarti mencari produk atau jasa yang dapat melakukan fungsi yang sama, meskipun mereka memiliki penampilan yang berbeda dan tidak mungkin tampak mudah disubstitusikan.


Pertimbangan Kekuatan Pembeli
Pembeli mempengaruhi industri melalui kemampuan mereka untuk memaksa turun harga, murah untuk kualitas yang lebih tinggi atau layanan yang lebih, dan pesaing bermain terhadap satu sama lain. Seorang pembeli atau sekelompok pembeli berlaku kuat jika memenuhi beberapa faktor berikut:
*      Pembeli membeli sebagian besar produk penjual atau jasa (misalnya, filter oli dibeli oleh pembuat mobil besar).
*      Pembeli memiliki potensi untuk mengintegrasikan mundur dengan memproduksi produk itu sendiri (misalnya, rantai surat kabar bisa membuat kertas sendiri).
*      Pemasok alternatif berlimpah karena produk standar atau tidak dibedakan (misalnya, pengendara dapat memilih di antara banyak pompa bensin).
*      Mengubah pemasok biaya sangat sedikit (misalnya, perlengkapan kantor mudah untuk ditemukan).
*      Produk yang dibeli merupakan persentase yang tinggi dari biaya pembeli, sehingga memberikan insentif untuk berbelanja sekitar untuk harga yang lebih rendah (misalnya, bensin yang dibeli untuk dijual kembali oleh toko-toko membuat setengah biaya total).
*      Pembeli mendapatkan keuntungan rendah dan dengan demikian sangat sensitif terhadap biaya dan perbedaan layanan (misalnya, toko kelontong memiliki margin yang sangat kecil).
*      Produk yang dibeli tidak penting bagi kualitas akhir atau harga produk pembeli atau jasa dan dengan demikian dapat dengan mudah diganti tanpa mempengaruhi produci akhir merugikan (misalnya, kawat listrik dibeli untuk digunakan dalam lampu).
Pertimbangan Kekuatan Pemasok
Pemasok dapat mempengaruhi industri meskipun mereka memiliki kemampuan untuk menaikkan harga atau mengurangi kualitas barang dan jasa yang dibeli. Sebuah kelompok pemasok kuat jika beberapa faktor berikut berlaku:
*      Industri pemasok didominasi oleh beberapa perusahaan, tetapi menjual banyak (misalnya, industri minyak bumi).
*      produk atau jasa yang unik dan / atau telah membangun biaya switching (misalnya, perangkat lunak pengolah kata).
*      Cadangan tidak tersedia (misalnya, listrik).
*      Pemasok mampu mengintegrasikan maju dan bersaing secara langsung dengan pelanggan mereka saat ini (misalnya, produsen mikroprosesor seperti Intel dapat membuat PCS).
*      Sebuah industri pembelian membeli hanya sebagian kecil barang kelompok pemasok dan layanan dan dengan demikian penting bagi pemasok (misalnya, penjualan ban mesin pemotong rumput kurang penting bagi industri ban daripada penjualan ban mobil).
Kekuatan Relatif Pemangku Kepentingan Lain
Sebuah gaya keenam harus ditambahkan ke daftar Porter untuk memasukkan berbagai lingkungan dari kelompok pemangku kepentingan tugas. Beberapa dari kelompok ini adalah pemerintah (jika tidak secara eksplisit dimasukkan), masyarakat setempat, kreditur (jika tidak disertakan dengan pemasok), asosiasi perdagangan, kelompok minat khusus, serikat (jika tidak disertakan dengan pemasok), pemegang saham, dan pelengkap. Menurut Andy Grove, Chairman dan CEO masa lalu Intel, complementor adalah sebuah perusahaan (misalnya, Microsoft) atau industri yang produknya bekerja dengan baik dengan (misalnya, Intel) produk perusahaan dan tanpa mana produk akan kehilangan banyak nilainya.28 Contoh industri yang saling melengkapi adalah industri ban dan otomotif. Pemangku kepentingan internasional utama yang menentukan banyak peraturan perdagangan inteinational dan standar Organisasi Perdagangan Wold, Uni Eropa, NAFTA, ASEAN, dan Mercosur.
Pentingnya para pemangku kepentingan bervariasi oleh industri. Misalnya, kelompok-kelompok lingkungan hidup di Maine, Michigan, Oregon, dan Iowa berhasil berjuang untuk lulus tagihan melarang botol sekali pakai dan kaleng, dan dengan demikian deposito untuk wadah minum sebagian besar sekarang diperlukan. Efektifitas ini mengangkat biaya di seluruh papan, dengan dampak yang paling on-the produsen marginal yang tidak bisa menyerap internal semua biaya. Kekuatan tradisional kuat dari serikat nasional di States'auto Serikat dan kereta api industri telah efektif menaikkan biaya seluruh indusries ini tetapi sangat penting linle dalam perangkat lunak komputer.
INDUSTRI EVOLUSI
Seiring waktu, industri yang paling berkembang melalui serangkaian tahapan dari pertumbuhan melalui kedewasaan untuk akhirnya penurunan. Kekuatan masing-masing dari enam kekuatan disebutkan sebelumnya bervariasi sesuai dengan tahap evolusi industri. Siklus kehidupan industri berguna untuk menjelaskan dan memprediksi tren di antara enam kekuatan yang mendorong persaingan industri. Misalnya, ketika industy suatu yang baru, orang sering membeli produk, terlepas dari harga, karena memenuhi kebutuhan aunique. Ini terkadang terjadi dalam industry dimana terfragmentasi tidak ada perusahaan memiliki pangsa pasar yang besar, dan setiap perusahaan hanya melayani sebagian kecil dari total pasar dalam persaingan dengan orang lain (misalnya, jasa kebersihan).29 Sebagai pesaing baru memasuki industri drop, harga sebagai hasil dari kompetisi. Perusahaan mengintegrasikan untuk mengurangi biaya lebih jauh memperoleh pemasok dan distributor. Pesaing mencoba untuk membedakan produk mereka dari satu sama lain adalah untuk menghindari comnon harga persaingan sengit untuk industri jatuh tempo.
Pada saat industri memasuki jatuh tempo, produk cenderung menjadi lebih seperti komoditas. Ini sekarang menjadi industri konsolidasi - didominasi oleh beberapa perusahaan besar, masing-masing berjuang untuk membedakan produknya dari orang-orang dari kompetisi. Sebagai pembeli menjadi lebih canggih dari waktu ke waktu, keputusan pembelian didasarkan pada informasi yang lebih baik. Harga menjadi perhatian utama, mengingat tingkat minimum kualitas dan fitur, dan margin laba menurun.
Industri global, sebaliknya, beroperasi di seluruh dunia, dengan perusahaan multinasional membuat hanya penyesuaian kecil untuk kondisi negara tertentu.
Faktor-faktor yang cenderung menentukan apakah suatu industri akan terutama multidomestiknya atau terutama global:
1. Tekanan untuk koordinasi dalam operasi MNCs dalam industri itu.
2. Tekanan untuk tanggap lokal pada bagian dari pasar masing-masing negara.
Sejauh bahwa tekanan untuk koordinasi yang kuat dan tekanan untuk tanggap lokal lemah untuk perusahaan multinasional dalam industri particutar, industri yang akan cenderung menjadi global. Sebaliknya, ketika tekanan untuk tanggap lokal yang kuat dan tekanan untuk koordinasi lemah untuk perusahaan multinasional di industri, industri yang akan cenderung multidomestiknya. Antara kedua ekstrem berbohong sejumlah industri dengan berbagai karakteristik industri baik multidomestiknya dan global. Ini adalah industri daerah, di mana perusahaan multinasional terutama mengkoordinasikan kegiatan mereka dalam daerah, seperti Amerika atau Asia.54
Japanase marker’s adalah contoh saat ini industri daerah menjadi industri global. Pembuat alat Jepang, misalnya, merupakan pesaing utama di Asia, tapi pemain hanya kecil di Eropa atau Amerika. Ketegangan dinamis antara tekanan untuk koordinasi dan tekanan untuk tanggap lokal yang terkandung dalam kalimat, "Berpikir global tetapi bertindak secara lokal."

INTERNASIONAL PENILAIAN RESIKO
Beberapa perusahaan mengembangkan jaringan informasi yang rumit dan sistem komputerisasi untuk mengevaluasi dan peringkat risiko investasi. Perusahaan kecil dapat menyewa konsultan luar, seperti Boston Arthur D. Little Inc, untuk menyediakan politik-penilaian risiko. Di antara banyak sistem yang ada untuk menilai risiko politik dan ekonomi adalah Lingkungan Bisnis Indeks Risiko, Economist Intelligence Unit, dan Frost dan Sullivan Dunia Forecasts Risiko Politik. The Economist Intelligence Unit, misalnya, menyediakan aliran konstan analisis dan prakiraan pada lebih dari 200 negara dan delapan industies kunci. Terlepas dari sumber data, perusahaan harus mengembangkan metode sendiri menilai risiko. Ini harus memutuskan faktor yang paling penting risiko dan kemudian menetapkan bobot untuk masing-masing.
KELOMPOK STRATEGIS
Sebuah kelompok strafegic adalah seperangkat unit bisnis atau perusahaan yang 'mengejar strategi yang sama dengan sumber daya yang sama "perusahaan Pengkategorian”30 di setiap industri satu ke satu set kelompok strategis, sangat berguna sebagai cara yang lebih baik memahami Penelitian lingkungan.31 persingan menunjukkan bahwa beberapa kelompok strategis dalam industri yang sama lebih menguntungkan daripada yang lain.32 Karena struktur perusahaan dan budaya cenderung mencerminkan jenis strategi yang berikut, perusahaan atau unit bisnis milik kelompok strategis tertentu dalam industri yang sama cenderung bersaing kuat dan cenderung lebih mirip satu sama lain dari pada pesaing dalam kelompok strategis lainnya dalam industri yang sama.33
Kelompok strategis dalam industri tertentu dapat dipetakan dengan memetakan posisi pasar dari pesaing industri pada grafik dua dimensi, dengan menggunakan dua variabel strategis sebagai sumbu vertikal dan horisontal. Dimensi lain, seperti kualitas, layanan, lokasi, atau tingkat integrasi vertikal, juga bisa digunakan dalam grafik tambahan industri restoran untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana berbagai perusahaan dalam industri bersaing. Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa dua dimensi tidak harus sangat berkorelasi, jika tidak, lingkaran di peta hanya akan terletak di sepanjang diagonal, memberikan informasi baru sangat sedikit selain yang sudah jelas.
JENIS STRATEGIS
Dalam menganalisis tingkat intensitas kompetitif dalam kelompok industri atau strategis tertentu, hal ini berguna untuk mengkarakterisasi berbagai pesaing untuk tujuan prediksi. Sebuah jenis strategis adalah kategori perusahaan berdasarkan orientasi strategic umum dan kombinasi struktur, budaya, dan proses sesuai dengan strategi itu. Menurut Miles dan Snow, perusahaan yang bersaing dalam industri tunggal dapat dikategorikan ke dalam salah satu dari empat tipe dasar atas dasar orientasi umum strategis mereka. Pembedaan ini membantu menjelaskan mengapa perusahaan menghadapi situasi yang sama berperilaku berbeda dan mengapa mereka terus melakukannya selama waktu periode panjang.34


Jenis umum memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Bek adalah perusahaan dengan lini produk terbatas yang berfokus pada peningkatan efisiensi operasi yang sudah ada. Orientasi ini biaya membuat mereka tidak mungkin untuk berinovasi di daerah baru. Dengan penekanan pada efisiensi, Lincoln Electric adalah contoh adefender.
  • Prospectors adalah perusahaan dengan lini produk yang cukup luas yang fokus pada inovasi produk dan peluang pasar. Orientasi ini membuat penjualan mereka beberapa inefecient apa. Mereka cenderung menekankan kreativitas atas efisiensi. Rubbermaid penekanan pada pengembangan produk baru membuat contoh seorang pencari.
  • Analyzers adalah perusahaan yang beroperasi dalam setidaknya dua produk yang berbeda-pasar dreets, satu variabel yang stabil dan satu. Di daerah yang stabil, efisiensi ditekankan Di daerah variabel, inovasi ditekankan. Perusahaan multidivisional, seperti IBM dan Procter & Gamble, yang beroperasi di beberapa industri, cenderung analisis.
  • Reaktor adalah perusahaan yang hubungan strategi-struktur-budaya yang konsisten. (Sering tidak efektif) respon mereka terhadap tekanan lingkungan tendto perubahan bepiecemeal strategis. Sebagian besar penerbangan AS baru-baru ini cenderung reaktor-mengingat cara mereka telah dipaksa untuk merespon pendatang baru seperti Southwest dan JetBlue.
Membagi kompetisi ke dalam empat kategori memungkinkan manajer strategis tidak hanya untuk memantau efektivitas orientasi strategis tertentu, tetapi juga untuk mengembangkan skenario perkembangan industri masa depan.
PERSAINGAN
Sebagian besar industri saat ini pernah menghadapi - meningkatnya tingkat ketidakpastian lingkungan. Mereka menjadi lebih kompleks dan lebih dinamis. Industri yang digunakan untuk menjadi multidomestiknya menjadi global. fleksibel, agresif, inovatif pesaing bergerak ke pasar didirikan untuk cepat mengikis keuntungan perusahaan yang sebelumnya dominan besar. Saluran distribusi bervariasi dari satu negara ke negara dan sedang diubah setiap hari melalui penggunaan sistem informasi yang canggih. Hubungan yang lebih erat dengan pemasok sedang ditempa untuk mengurangi biaya, meningkatkan kualitas, dan mendapatkan ascess ke techhology baru. Perusahaan belajar untuk cepat meniru strategi keberhasilan pemimpin pasar, dan itu menjadi sulit untuk mempertahankan keuntungan kompetitif untuk waktu yang lama. Akibatnya, tingkat intensitas persaingan semakin meningkat di sebagian besar industri.
Richard D'Aveni berpendapat bahwa sebagai jenis turbulensi lingkungan industri mencapai lebih, persaingan menjadi hypercompetition. Menurut D'Aveni: Dalam hypercompetition frekuensi, keberanian, dan agresivitas gerakan dynarnic oleh para pemain mempercepat menciptakan kondisi disekuilibrium konstan dan perubahan. Stabilitas pasar terancam oleh siklus hidup produk pendek, siklus produk yang pendek desain, teknologi baru, entri yang sering tak terduga oleh orang luar, reposisi oleh pemain lama, dan redefinitions taktis batas pasar sebagai berbagai industri bergabung. Dengan kata lain, lingkungan meningkat ke tingkat yang lebih tinggi uncerninty, dinamisme, heterogenitas para pemain dan permusuhan.35
Dalam industri hiperkompetitif seperti komputer, keunggulan kompetitif berasal dari pengetahuan sampai dengan tanggal tren lingkungan dan aktivitas kompetitif ditambah dengan kesediaan mengambil risiko keuntungan saat keuntungan baru mungkin. Perusahaan harus bersedia untuk mencopoti produk mereka sendiri.
MENGGUNAKAN FAKTOR KUNCI SUKSES UNTUK MENCIPTAKAN MATRIX INDUSTRI
Dalam industri apapun biasanya ada variabel tertentu faktor kunci keberhasilan bahwa manajemen perusahaan harus memahami agar sukses. Faktor kunci keberhasilan adalah variabel yang secara signifikan dapat mempengaruhi posisi kompetitif perusahaan secara keseluruhan dalam setiap industri tertentu. Mereka biasanya bervariasi dari industri ke industri dan sangat penting untuk menentukan kemampuan perusahaan untuk berhasil dalam industri tersebut.
SUMBER KECERDASAN KOMPETITIF
Kebanyakan perusahaan menggunakan organisasi luar untuk menyediakan tirem dengan data lingkungan. Perusahaan seperti AC. Nielsen Co menyediakan pelanggan dengan data dua bulanan pada pangsa merek, harga eceran, persentase toko stocking item, dan persentase saham-out toko. Shategists dapat menggunakan data ini untuk melihat tren regional dan nasional serta untuk menilai pangsa pasar. Informasi tentang kondisi pasar, peraturan pemerintah, pesaing industri, dan produk-produk baru dapat dibeli dari broker informasi * "seperti Pasar Research.com (Findex), LexisNexis (perusahaan dan analisis negara), dan Data Finsbury Jasa. Perusahaan dan profil industri pada umumnya tersedia dari situs Web Hoover, pada www.hoovers.com.
Internet telah mengubah cara strategis terlibat dalam pemindaian lingkungan. Ini menyediakan sarana tercepat untuk memperoleh data hampir semua subjek.
BAHAYA ASUMSI
Asumsi yang mendasari yang salah merupakan penyebab paling sering dari kesalahan peramalan. Namun demikian, banyak manajer yang merumuskan dan melaksanakan rencana strategis jarang mempertimbangkan bahwa kesuksesan mereka didasarkan pada serangkaian dasar suatu suptions. Rencana strategis banyak yang hanya didasarkan pada proyeksi dari situasi saat ini. Sebagai contoh, beberapa orang di tahun 2007 diharapkan harga minyak (light, sweet crude, juga disebut WestTexas intermediate) naik di atas $ 80 per barel dan sangat terkejut melihat pendekatan harga $ 150 dengan Juli 2008, terutama karena harga sudah ada $ 20 per barel pada tahun 2002. Perusahaan otomotif AS, khususnya, telah terus merancang dan memproduksi mobil besar, truk pick-up, dan SUV di bawah asumsi gaso-line yang tersedia untuk sekitar $ 2,00 per galon. Permintaan pasar untuk jenis mobil col-'mencapai $ 4,00 per galon pada Juli 2008. Dalam contoh lain, banyak bank membuat sejumlah hipotik dipertanyakan
Sebuah skenario industri adalah deskripsi diperkirakan masa depan kemungkinan industri tertentu. Skenario seperti itu dikembangkan dengan menganalisis dampak kemungkinan kekuatan sosial di masa depan kelompok utama dalam industri tertentu. Proses dapat beroperasi sebagai berikut:
1. Memeriksa perubahan mungkin dalam lingkungan alam dan sosial di variabel global.
2. Mengidentifikasi ketidakpastian di masing-masing dari enam kekuatan lingkungan tugas (yaitu, pendatang potensial, pesaing, pengganti kemungkinan, pembeli, pemasok, dan stakeholder kunci lainnya).
3. Membuat berbagai asumsi yang masuk akal tentang tren masa depan.
4. Menggabungkan asumsi tentang kecenderungan individu menjadi skenario internal konsisten.
5. Menganalisis situasi industri yang akan menang dalam setiap scenario.
6. Tentukan sumber keunggulan kompetitif di bawah masing-masing skenario.
7. Memprediksi perilaku pesaing 'di bawah masing-masing skenario.
8. Pilih skenario yang baik paling mungkin terjadi atau paling mungkin memiliki dampak yang kuat pada masa depan perusahaan. Gunakan skenario sebagai asumsi dalam perumusan strategi.


BAB III
PENUTUP
Dari pembahasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa salah satu cara pemindaian lingkungan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman adalah dengan menggunakan Audit Strategis. Audit ini memberikan daftar pertanyaan dengan bidang perhatian. Misalnya, pada audit meneliti lingkungan alam, sosial, dan tugas. Ini terlihat di lingkungan masyarakat dalam hal kekuatan ekonomi, teknologi, politik-hukum, dan sosial budaya, juga mempertimbangkan lingkungan tugas (industri) dalam hal ancaman pendatang baru, kekuatan tawar pembeli dan pemasok, ancaman produk pengganti, persaingan antar perusahaan yang ada, serta kekuatan stakeholder lainnya.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar